Kamis, 28 Juni 2012


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



    kali ini aku akan berbagi cerita tentang liburanku yang sangat menyenangkan.
Pagi ini aku sekeluarga pergi ke Taman Mini Indonesia Indah, sudah lama sekali kami tidak berkumpul seperti ini , karena kesibukannya masing-masing. Jadi , saat bisa berkumpul seperti ini aku merasa sangat senang.
   Saya dan keluarga memilih wisata ke Taman mini Indonesia indah (TMII) karena merupakan tempat rekreasi yang sangat populer bagi warga kota Jakarta serta kota-kota lain di Indonesia, bahkan mancanegara.
   Di sana saya bersama keluarga juga bisa melihat miniatur Indonesia secara lengkap, baik bentang darat, kekayaan alam, aneka warna seni dan budaya daerah, maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berbagai bentuk seni dan budaya masa kini tersajikan di sini. Paparannya diwujudkan dalam bentuk Miniatur Arsipel Indonesia yang merupakan danau buatan dengan tiruan kepulauan Indonesia berikut penampang daratnya beserta anjungan-anjungan daerah. Tiap anjungan tersebut menampilkan rumah adat bercorak arsitektur tradisional berikut penyajian benda-benda budaya, pentas seni, upacara adat, keragaman kuliner, dan berbagai seluk beluk yang berkait dengan daerah bersangkutan, yang secara nyata menunjukkan ke Bhinneka Tunggal Ika Indonesia.
   Sebagai warisan wisata dengan nilai budaya tinggi, TMII memang berbeda dengan tempat rekreasi yang lain. Banyak tempat rekreasi yang ada saat ini dibangun dengan tujuan untuk menyajikan hiburan semata. Sedangkan di TMII, kita dapat menjumpai wujud fisik apa yang ada di Indonesia, baik dari segi bangunan yang berciri khas Indonesia maupun kekhas-an lain yang dimiliki Indonesia sebagai wujud cinta terhadap tanah air dan bangsa.
 Saya bersama keluarga disana juga mengunjungi :
          Anjungan Daerah
       Sebutan Anjungan Daerah tertuju pada bangunan rumah adat. Salah satu keanekaragaman budaya Indonesia sangat terlihat jelas dari bentuk rumah adatnya. Saat kita melihat Anjungan Daerah ini, sepintas hanya menggambarkan ciri khas dari suatu daerah. Rumah-rumah adat yang disajikan di TMII ini mewakili berbagai daerah yang membentang dari ujung timur hingga ujung barat di kepulauan Indonesia. Sebagai salah satu bagian dari TMII, Anjungan Daerah ini patut dijaga kelestariannya dan layak menjadi salah satu Warisan Budaya.
         Museum-museum
    Museum yang ada berbentuk bangunan yang berciri khas arsitektur suatu daerah dan didalamnya menyajikan benda-benda bersejarah.keberadaan museum-museum perlu dilestarikan dan layak dijaga sebagai Warisan Budaya
   Itulah sekilas kutipan tentang liburanku yang bisa melihat kebudayaan Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;